<xmp> <body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://draft.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7056546\x26blogName\x3dp+a+s+t+i+m+a+t+i\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLACK\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://pastimati.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://pastimati.blogspot.com/\x26vt\x3d5572110982158822319', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script> </xmp>

October 07, 2004

bergembiralah menyambut kiamat!

...sebab di sana akan ada perhitungan yang adil dan kehidupan nan abadi;
yakni tempat dimana Allah akan menghimpun semua makhluk dari yang pertama hingga yang terakhir. keyakinan seperti ini akan membuat hati merasa tenteram dengan keadilan Allah. barangsiapa hartanya dirampas ketika di dunia, maka ia akan mendapatkannya di akhirat. barangsiapa dizhalimi di sini, di dunia, maka ia akan mendapat perlakuan yang adil di sana. dan barangsiapa melakukan kejahatan di tempat ini, maka ia akan disiksa di sana.

mengutip pernyataan Immanuel Kant, seorang filosof besar asal Jerman, "Sesungguhnya panggung kehidupan ini belum lagi sempurna; pastilah ada sebuah panggung kedua. Sebab kita semua menyaksikan di sini: orang yang zhalim dan dizhalimi namun tidak kita dapati keadilan, orang yang menang dan kalah namun tidak kita dapati ganjaran yang setimpal. Maka pasti ada alam lain yang akan menyempurnakan keadilan."

Syaikh ath-Thantawi berkomentar tentang pernyataan Kant tersebut, "Ini merupakan pengakuan implisit dari seorang filosof barat tentang adanya Hari Kiamat."


Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.
[QS al-Mu'min 17]